Thursday, January 14, 2016

Seputar Freight Forwarder Di Indonesia

Seputar Freight Forwarder Di Indonesia
Seputar Freight Forwarder Di Indonesia
Seputar Freight Forwarder Di Indonesia, Perusahaan freight forwarder mulai berkembang pesat di Indonesia sejak tahun 1980an, seiring makin gencarnya perdagangan dalam negeri keluar negeri atau dari Negara Indonesia ke negara asing dan begitu sebaliknya. Dalam hal ini, Pemerintah mengeluarkan kebijakan agar masyarakat umum tidak sembarangan import barang dari luar negeri. Dalam arti dalam jumlah yang banyak. Dimana mereka dapat memfasilitasi pembelian barang dari luar negeri dan mendistribusikan barang tersebut ke alamat yang di tunjuk oleh pemilik barang.


Lalu, apa artinya freight forwarder secara harfiah? Freight Forwarder adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang keagenan yang mengurusi pengiriman dan penerimaan barang Export dan Import. Freight Forwarder ini bisa dikatakan sebagai Shipping Agent / Carrier.

Ruang Lingkup Kerja Freight Forwarder sampai mana?
Lingkup kerja Freight Forwarder adalah jasa pengiriman / penerimaan cargo baik untuk export maupun import, dengan menggunakan service udara atau laut dengan berbagai variasi harga dan service pelayanan. Artinya, service pengiriman yang ditawarkan oleh Freight Forwarder itu jauh lebih bervariasi daripada Shipping Agent.

Salah satu perusahaan export import yang berlokasi di Jakarta utara adalah Freight forwarder Jakarta mereka mengurusi proses pengiriman barang dari negara asing kedalam negeri dan sebaliknya, yang artinya mereka sudah memiliki agent hampir di seluruh negera di dunia. Dalam perjalanannya, mereka telah bekerjasama dengan banyak perusahaan terkemuka di Indonesia, dari Negara-negara Asia, Eropa dan Amerika.

Karena perusahaan Freight Forwarder itu memiliki banyak kerjasama dengan para Shipping Agent diberbagai penjuru dunia, mereka memiliki kontrak kerja dengan para Shipping Agent. Oleh karena itu, sangatlah wajar jika Freight Forwarder dapat memberikan variasi penawaran harga dan schedule kapal/pesawat yang berbeda-beda kepada customer-nya.

Tugas Perusahaan Freight Forwarder adalah

Freight Forwarder juga menerbitkan Bill of Lading sendiri. Lalu apakah setiap Freight Forwarder itu memiliki kantor cabang di seluruh penjuru dunia?

Seperti yang telah disebutkan diatas, forwarder adalah perusahaan tapi semacam agent. Jika Freight Forwarder itu adalah sebuah perusahaan, maka barang tentu mereka akan membuka kantor cabang di setiap kota-kota pelabuhan di penjuru dunia. Hanya saja, sangat jarang perusahaan forwarder yang berskala besar. Paling besar, mereka hanya memiliki perwakilan kantor cabang mereka di beberapa Kota besar di Negara Besar saja.

Freight forwarder Jakarta
Freight forwarder Jakarta
Freight Forwarder juga memiliki kerjasama dengan agent yang bergerak di bidang yang sama di luar negeri. Jadi misalnya kita pake jasa freight forwarder PT. FAB CARGO di Jakarta, maka agent yang nantinya akan mengurusi cargo kiriman kita di USA adalah agent FAB CARGO yang sudah memiliki kerjasama misalnya ROUTING, INC. Kok bisa?? gimana caranya ? jawabannya "Ya bisa saja, karena PT. FAB CARGO memiliki kerjasama dengan agent di USA yang bernama ROUTING, INC sebelum pengiriman terjadi.

Gimana jika saya mau kirim cargo ke Belanda apakah agent disana juga sama?. Ya belum tentu juga, bisa jadi Candra Kargo bekerjasama dengan agent di AUSTRALIA yang bernama Kokai LTD yang notabene sama dengan NANDA INC di USA atau mungkin juga sama dengan agent NANDA INC yang memiliki cabang di Belanda misalnya KOKAi PTY LTD.

Jadi jika Freight Forwarder menerima order shipment maka pertama-tama yang dicari adalah agent yang ada di luar negri, ngga bisa asal kirim saja tanpa tahu dengan jelas siapa yang akan handle shipments di negara tujuan.

Freight forwarder and Shipping Agent
Jadi bisa ditarik kesimpulan bahwa Freight Forwarder bidang kerjanya hampir sama dengan Shipping Agent mereka saling bekerja sama untuk tujuan yang pasti yaitu kepuasan customer, cargo dikirim dan diterima dengan baik. Shipping agent atau carrier adalah pihak yang "memiliki sarana dan prasarana" angkutan laut maupun udara. Kata "memiliki sarana dan prasarana" bukan berarti semua perusahaan shipping agent / carrier memiliki armadanya sendiri. Ada shipping agent / carrier yang memiliki armadanya sendiri seperti kapal dan pesawat. Namun banyak juga yang tidak memilikinya. Namun begitu, mereka yang tidak memiliki armada sendiri juga tetap dikatakan sebagai shipping agent. Karena mereka menawarkan jasa angkutannya.

Sebuah perusahaan Forwarder harus memiliki modal yang lumayan banyak, karena mereka harus mentalangi biaya-biaya yang mungkin timbul akibat pembelian barang orang lain dari luar negeri.

2 comments :

  1. Saya baru tahu teman. Ternyata ini perusahaan yang suka ngirim barang antar negara. Adanya di pelabuah-pelabuhan internasional. Terimakasih

    ReplyDelete
  2. PT.ANUGRAH SUMBER SEMBILAN adalah perusahaan yang bergerak di bidang General TRADING, Jasa Emkl dan EMKU, Forwarding, PPJK, Customs Clearance, Pengiriman Domestics Dll.
    Dengan di dukung oleh staff yang berpengalaman dan terpercaya di bidang Forwarding serta ke-agen-an hampir di seluruh Pelabuhan Utama dan Bandar Udara baik di Dalam Negeri maupun Luar Negeri, maka kami ingin mengajak kerjasama yang saling menguntungkan dengan Perusahaan Bapak/ Ibu.
    Kami menawarkan integritas, keahlian dan fleksibilitas dalam memberikan kombinasi terbaik antara biaya, kecepatan dan kehandalan.Kami membuktikan daya saing kita di pasar dengan menetapkan tren baru melalui komitmen dan keunggulan yang ditunjukkan oleh tim profesional yang berorientasi target dan sangat inovatif dalam memberikan solusi logistik yang lengkap.

    Adapun project kerjasama unggulan kami sebagai berikut :

    – Air & Sea Freight ( LCL & FCL)
    – Bonded Warehousing
    – Custom Brokerage – Custom Clearance
    – Door to door service
    – Under name
    – Import Sea Freight & Air Freight Service
    – Export Sea Freight & Air Freight Service
    – Import Consulidation
    – Jasa Borongan Import ( ALL In )

    Kami juga melayani import Under Name dimana kami menyediakan legalitas import, ini adalah solusi yang kami berikan kepada perusahaan yang ingin import barang akan tetapi belum memiliki legalitas / izin import.

    No. Harmonized system ( HS) yang sudah kami miliki untuk Under Name antara lain :

    Hs Code : 2801 s/ d 3826 Hs Code : 6801 s/ d 7020
    Hs Code : 3901 s/ d 4017 Hs Code : 7201 s/ d 8311
    Hs Code : 4101 s/ d 4304 Hs Code : 8401 s/ d 8545
    Hs Code : 4401 s/ d 4602 Hs Code : 8601 s/ d 8908
    Hs Code : 4701 s/ d 4911 Hs Code : 9001 s/ d 9209
    Hs Code : 5001 s/ d 6310 Hs Code : 9401 s/ d 9619
    Hs Code : 6401 s/ d 6704 Hs Code : 9701 s/ d 9803

    Dan izin pendukung yang kami miliki sebagai berikut :

    – NPIK Elektronik – IT Elektronik
    – NPIK Besi & Baja – IT Besi & Baja
    – NPIK Alas kaki – IT Alas Kaki
    – NPIK Garment – IT Pakaian jadi
    – NPIK Mainan – IT Mainan anak-anak

    Operasional perusahaan kami meliputi :

    – Pelabuhan Tanjung Priok ( Jakarta ) dan Soekarno Hatta II Air Port ( Jakarta )
    – Pelabuhan Tanjung Perak ( Surabaya )
    – Pelabuhan Tanjung Emas ( Semarang )
    – Pelabuhan Batam Centre ( Kepulauan Riau )
    – Pelabuhan Belawan ( Medan )


    Thanks & Best ‘regards
    T.M.FAISAL ( IJAL )
    Mobile : 0856 9221 6444

    PT ANUGRAH SUMBER SEMBILAN
    Gedung Perkantoran Pulomas Satu Gedung IV Lantai 2
    Jln.Jendral Ahmad Yani No.2 Jakarta Timur 13210
    Telp : +6221 471 4789
    Fax : +6221 475 8044
    Email: faisalmarketing99@gmail.com

    ReplyDelete