Monday, January 11, 2016

Indonesia di Banjiri Motor Buatan Asing

Indonesia di Banjiri Motor Buatan Asing
Indonesia di Banjiri Motor Buatan Asing
Indonesia di Banjiri Motor Buatan Asing, hal ini patut kita sayangkan. Dengan potensi yang kita miliki seharusnya kita dapat memproduksi berbagai jenis mesin yang bagus-bagus, termasuk alat transportasi, dari Pesawat terbang, Kereta Api, Bus pengangkut orang dan Motor. Negara kita salah satu pengguna motor terbanyak di Dunia, sehingga tidak heran masyarkat kita menjadi pasar yang sangat potensial bagi negara Asing terutama produk dari Jepang. Salah satu motor yang paling populer di Indonesia adalah Motor Honda. Di negara kita untuk mendapatkan motor jenis ini dapat dilakukan dengan cara kredit motor honda, hal ini dilakukan untk mempermudah masyarakat untuk mendapatkan motor yang mereka inginkan. Tapi salah satu sisi negatifnya adalah warga masyarkat kita menjadi sangat ketergantungan dengan hal ini.


Kredit motor honda seperti memberikan kemudahan, tapi sebenarnya mengajak masyarakat kita selalu tergantung pada produk asing, dan hal ini tidak bisa di lihat Pemerintah kita, mereka hanya menikmati hasil pembagian dari penjualan motor atau mesin-mesin yang digunakan warga negara kita, sementara produk dalam negeri tidak di kembangkan, agar kita menggunakan motor atau mesin buatan anak bangsa sendiri, hal ini tentu membuat kita terasa sesak dan kurang baik di masa depan.

Berikut ini nama-nama Motor dan asal negara yang biasa di jual di Indonesia.
  • Motor Honda dari Jepang
  • Motor Yamaha dari Jepang
  • Motor Kawasaki dari Jepang
  • Motor Bison dari India
  • Motor Harley Davidson dari Eropa
Sementara di Jepang sendiri sebagai produsen motor sangat sedikit yang menggunakannya, mereka kebanyakan naik sepeda untuk bepergian ke alamat kerja atau belanja, bahkan di Belanda, pemandangan orang-orang naik sepeda sangat banyak di jumpai.

Seharusnya, negara kita mendukung dan menggalakkan produksi mesin atau semacam motor honda, agar warga negara kita dapat mandiri, dapat menggunakan barang produksi dalam negeri, terutama motor dan mesin lainnya. Kalau di tinjuau dari segi jumlah penduduk kita, maka memang negara kita menjadi pasar yang sangat potensial bagi negara asing.

Mudah-mudahan hal ini segera di sadari oleh pemerintah atau stakehorlder lainnya, agar mau mendukung produksi mesin dalam negara, agar negara kita tidak hanya konsumen saja, apalagi pada saat ini MEA telah di berlakukan, kita tidak di banjiri produk asing, kita bisa menjadi tuan di negeri sendiri. Motor honda dan motor lainnya dapat di kurangi secara perlahan, dan motor dalam negeri dapat di produksi secara massal untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

2 comments:

  1. Asing sudah menguasai pasar Indonesia teman. Seharusnya pemerintah lebih peduli dengan mengeluarkan merek lokal

    ReplyDelete
  2. iya brooo, setujuh. kita hanya konsumen produk asing, motor honda, motor kawasaki, motor yamaha, di tambah motor dari India

    ReplyDelete