Thursday, January 14, 2016

Seputar Freight Forwarder Di Indonesia

Seputar Freight Forwarder Di Indonesia
Seputar Freight Forwarder Di Indonesia
Seputar Freight Forwarder Di Indonesia, Perusahaan freight forwarder mulai berkembang pesat di Indonesia sejak tahun 1980an, seiring makin gencarnya perdagangan dalam negeri keluar negeri atau dari Negara Indonesia ke negara asing dan begitu sebaliknya. Dalam hal ini, Pemerintah mengeluarkan kebijakan agar masyarakat umum tidak sembarangan import barang dari luar negeri. Dalam arti dalam jumlah yang banyak. Dimana mereka dapat memfasilitasi pembelian barang dari luar negeri dan mendistribusikan barang tersebut ke alamat yang di tunjuk oleh pemilik barang.


Lalu, apa artinya freight forwarder secara harfiah? Freight Forwarder adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang keagenan yang mengurusi pengiriman dan penerimaan barang Export dan Import. Freight Forwarder ini bisa dikatakan sebagai Shipping Agent / Carrier.

Ruang Lingkup Kerja Freight Forwarder sampai mana?
Lingkup kerja Freight Forwarder adalah jasa pengiriman / penerimaan cargo baik untuk export maupun import, dengan menggunakan service udara atau laut dengan berbagai variasi harga dan service pelayanan. Artinya, service pengiriman yang ditawarkan oleh Freight Forwarder itu jauh lebih bervariasi daripada Shipping Agent.

Salah satu perusahaan export import yang berlokasi di Jakarta utara adalah Freight forwarder Jakarta mereka mengurusi proses pengiriman barang dari negara asing kedalam negeri dan sebaliknya, yang artinya mereka sudah memiliki agent hampir di seluruh negera di dunia. Dalam perjalanannya, mereka telah bekerjasama dengan banyak perusahaan terkemuka di Indonesia, dari Negara-negara Asia, Eropa dan Amerika.

Karena perusahaan Freight Forwarder itu memiliki banyak kerjasama dengan para Shipping Agent diberbagai penjuru dunia, mereka memiliki kontrak kerja dengan para Shipping Agent. Oleh karena itu, sangatlah wajar jika Freight Forwarder dapat memberikan variasi penawaran harga dan schedule kapal/pesawat yang berbeda-beda kepada customer-nya.

Tugas Perusahaan Freight Forwarder adalah

Freight Forwarder juga menerbitkan Bill of Lading sendiri. Lalu apakah setiap Freight Forwarder itu memiliki kantor cabang di seluruh penjuru dunia?

Seperti yang telah disebutkan diatas, forwarder adalah perusahaan tapi semacam agent. Jika Freight Forwarder itu adalah sebuah perusahaan, maka barang tentu mereka akan membuka kantor cabang di setiap kota-kota pelabuhan di penjuru dunia. Hanya saja, sangat jarang perusahaan forwarder yang berskala besar. Paling besar, mereka hanya memiliki perwakilan kantor cabang mereka di beberapa Kota besar di Negara Besar saja.

Freight forwarder Jakarta
Freight forwarder Jakarta
Freight Forwarder juga memiliki kerjasama dengan agent yang bergerak di bidang yang sama di luar negeri. Jadi misalnya kita pake jasa freight forwarder PT. FAB CARGO di Jakarta, maka agent yang nantinya akan mengurusi cargo kiriman kita di USA adalah agent FAB CARGO yang sudah memiliki kerjasama misalnya ROUTING, INC. Kok bisa?? gimana caranya ? jawabannya "Ya bisa saja, karena PT. FAB CARGO memiliki kerjasama dengan agent di USA yang bernama ROUTING, INC sebelum pengiriman terjadi.

Gimana jika saya mau kirim cargo ke Belanda apakah agent disana juga sama?. Ya belum tentu juga, bisa jadi Candra Kargo bekerjasama dengan agent di AUSTRALIA yang bernama Kokai LTD yang notabene sama dengan NANDA INC di USA atau mungkin juga sama dengan agent NANDA INC yang memiliki cabang di Belanda misalnya KOKAi PTY LTD.

Jadi jika Freight Forwarder menerima order shipment maka pertama-tama yang dicari adalah agent yang ada di luar negri, ngga bisa asal kirim saja tanpa tahu dengan jelas siapa yang akan handle shipments di negara tujuan.

Freight forwarder and Shipping Agent
Jadi bisa ditarik kesimpulan bahwa Freight Forwarder bidang kerjanya hampir sama dengan Shipping Agent mereka saling bekerja sama untuk tujuan yang pasti yaitu kepuasan customer, cargo dikirim dan diterima dengan baik. Shipping agent atau carrier adalah pihak yang "memiliki sarana dan prasarana" angkutan laut maupun udara. Kata "memiliki sarana dan prasarana" bukan berarti semua perusahaan shipping agent / carrier memiliki armadanya sendiri. Ada shipping agent / carrier yang memiliki armadanya sendiri seperti kapal dan pesawat. Namun banyak juga yang tidak memilikinya. Namun begitu, mereka yang tidak memiliki armada sendiri juga tetap dikatakan sebagai shipping agent. Karena mereka menawarkan jasa angkutannya.

Sebuah perusahaan Forwarder harus memiliki modal yang lumayan banyak, karena mereka harus mentalangi biaya-biaya yang mungkin timbul akibat pembelian barang orang lain dari luar negeri.

1 comment:

  1. Saya baru tahu teman. Ternyata ini perusahaan yang suka ngirim barang antar negara. Adanya di pelabuah-pelabuhan internasional. Terimakasih

    ReplyDelete